Cara Mempercepat Jaringan Internet Android

Posting Komentar

cara mempercepat jaringan internet android

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mempercepat jaringan internet android paling mudah. Kecepatan internet sangat dibutuhkan oleh pengguna ponsel android agar browsing berjalan dengan lancar, bermain game online tanpa lag, dll. Menurut beberapa informasi, Indonesia menduduki peringkat ke 8 sebagai negara dengan koneksi terlambat.

Selain dipengaruhi oleh operator penyedia jaringan internet, kecepatan koneksi internet pada ponsel android juga ditentukan oleh hal lainnya. Lakukan hal berikut untuk menambah kecepatan internet anda. Terdapat banyak sekali cara untuk mempercepat koneksi internet android anda, simak beberapa point yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Mempercepat Jaringan Android

1. Blokir Iklan

Kesampingkan dulu masalah internet lambat akibat layanan operator yang buruk. Karena, lambatnya kecepatan koneksi internet di smartphone juga ditentukan oleh berbagai hal lainnya, salah satunya akibat tidak memblokir iklan. Untuk memblokir iklan di browser, anda dapat menggunakan browser yang dibekali Ad Blocker, seperti Opera Browser atau UC Browser.

2. Pakai Satu Jaringan Saja

Jika smartphone android anda telah support jaringan 3G dan 4G, setting kecepatan jaringan dengan dua pilihan tersebut. Untuk mengaktifkan jaringan 3G maupun 4G cukup mudah, masuk menu setting > more > mobile network > network mode > pilih jaringan 3G only atau 4G only.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer, fungsi aplikasi ini untuk mempercepat koneksi Internet hingga 200%. Aplikasi canggih ini bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang akan memberikan anda keleluasaan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet sesuai kebutuhan. Untuk menggunakan aplikasi ini, sayangnya ponsel anda harus terlebih dahulu di root.

3. Hapus Cache Android

Aplikasi yang menyimpan cache jika didiamkan akan semakin besar dan memberatkan performa smartphone anda. Selain performa, cache yang menumpuk akan membuat proses muatan data menjadi berat.

Agar koneksi Internet di smartphone Android kamu semakin cepat, rutinlah membersihkan cache-nya. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi One Tap Cache Cleaner atau Clean Master. Selain itu, anda bisa dengan mudah menghapus cache lewat menu Settings – Storage – Cache, lalu pilih Clear Cache.

4. Matikan Tethering Hotspot

Tethering merupakan sebuah aktivitas yang berfungsi menjadikan ponsel menjadi semacam hotspot. Singkatnya, anda dapat menjadikan ponsel android sebagai WiFi portable lalu membagikan koneksinya kepada orang lain. Namun, karena jaringan internetnya terbagi-bagi, maka anda harus siap berbagi bandwith dengan perangkat lain. Jika anda ingin membuat jaringan internet lebih cepat, tentu anda harus mematikan fitur ini, sehingga membuat jaringan internet terfokus kembali di ponsel anda.

5. Setting User Agent

Sekarang sudah banyak website yang sudah dibuat responsif agar dapat secara otomatis menyesuaikan tampilan jika dibuka melalui perangkat mobile seperti smartphone. Walau begitu, terkadang masih ada orang yang ternyata tetap memaksa menggunakan tampilan web komputer di hp. Padahal ini akan membuat koneksi internet lebih berat. Untuk mengakalinya, anda dapat mengubah user agent di browser menjadi mobile. Perubahan user agent ini ditujukan agar data dikompres sesuai dengan tampilan mobile.

Itulah beberapa cara mempercepat jaringan internet Android yang bisa dicoba. Untuk mendapatkan jaringan yang lebih stabil maka diperlukan keseimbangan antara jaringan provider dan ponsel yang digunakan.

Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter